Langsung ke konten utama

KELISTRIKAN DASAR AC



I.                   Dasar Teori
Kelistrikan merupakan suatu rangkaian yang secara sistematis menghubungkan satu komponen dengan komponen lain dengan menggunakan arus listrik. Setiap komponen mempunyai cara kerja dan fungsi yang berbeda tetapi mempunyai tujuan untuk mendukung system secara keseluruhan. Pada sistem kelistrikan AC mobil berhubungan erat dengan sistem pemipaan, dimana sistem kelistrikan sebagai kontrol dari sistem pemipaan. Selain itu, sistem kelistrikan merupakan suatu komponen yang sangat penting, karena AC mobil menyala atau mati tergantung pada kelistrikan. Ada beberapa komponen kelistrikan yang sering ditemukan dalam instalasi AC mobil. Komponen tersebut ada yang berhubungan dengan sistem pemipaan dan ada pula yang tidak terkait dengan sistem pemipaan. Komponen kelistrikan yang dimaksud disini yaitu setiap komponen yang digerakan oleh arus listrik.
Komponen-komponen tersebut, antara lain : 
  1. Saklar
  2.  Fuse
  3.  Relay 
  4.  Kabel
  5.  Blower 
  6.   Magnetic clutch.
   
Komponen-komponen utama sistem kelistrikan dasar AC
  •  fuse (Sebagai pengaman rangkaian kelistrikan AC)

  • saklar ac
  • saklar blower
  • thermostat
  • relay extra fan dan kopling magnet

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JANGKA SORONG - PENGERTIAN NAMA BAGIAN CARA MENGGUNAKAN TEKNIK PENGUKURAN PERAWATAN

JANGKA SORONG PENGERTIAN Jangka sorong adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur dimensi suatu benda dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Alat ini lebih akurat daripada penggaris biasa karena memiliki skala nonius yang memungkinkan pembacaan yang lebih presisi. NAMA BAGIAN Rahang atas (fixed jaw): Bagian yang tetap atau tidak dapat bergerak pada jangka sorong. Rahang bawah (movable jaw): Bagian yang dapat digerakkan untuk menyesuaikan dengan objek yang akan diukur. Penggaris utama (main scale): Skala yang terdapat pada rahang atas dan digunakan untuk membaca ukuran utama. Skala nonius (vernier scale): Skala yang terdapat pada rahang bawah dan digunakan untuk membaca ukuran lebih presisi. Penjepit (lock screw): Digunakan untuk mengunci rahang bawah pada posisi yang tepat setelah pengukuran dilakukan. Lingkaran vernier (vernier dial): Digunakan pada beberapa jenis jangka sorong untuk membaca pengukuran melalui penunjuk lingkaran.   CARA MENGGUNAKAN Pastikan jangka sorong dalam

SOAL ESSAY JANGKA SORONG

 SOAL Apa fungsi utama jangka sorong? Sebutkan dua bagian utama jangka sorong beserta fungsinya! Apa yang dimaksud dengan skala nonius pada jangka sorong? Bagaimana cara menggunakan jangka sorong untuk mengukur objek luar? Bagaimana cara menggunakan jangka sorong untuk mengukur objek dalam? Jelaskan teknik pengukuran kedalaman menggunakan jangka sorong! Apa keunggulan jangka sorong dibandingkan penggaris biasa? Apa yang dimaksud dengan lingkaran vernier pada jangka sorong? Bagaimana cara merawat jangka sorong agar tetap berfungsi dengan baik? Apa yang menjadi keuntungan penggunaan jangka sorong dalam industri manufaktur?   JAWABAN   Fungsi utama jangka sorong adalah untuk mengukur dimensi suatu benda dengan tingkat ketelitian yang tinggi. a. Rahang atas (fixed jaw): Bagian yang tetap atau tidak dapat bergerak pada jangka sorong. Fungsinya adalah sebagai referensi untuk pengukuran. b. Rahang bawah (movable jaw): Bagian yang dapat digerakkan untuk menyesuaikan dengan objek yang akan diuk

GASOLINE (BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN)

BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN (GASOLINE) 1.     D EFINISI Gasoline adalah BBM yang banyak dibutuhkan, hampir 45% total produk minyak bumi diupayakan menjadi BBM ini. Produk ini kebanyakkan berasal dari proses sekunder karena disaratkan angka oktannya harus tinggi. BBM ini di Indonesia disebut Premium, Super dan atau benzole. Penggunaannya untuk kendaraan penumpang, motor dan pesawat terbang yang tidak bermesin jet. Gasoline atau bensin meruakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan campuran kompleks hidrokarbon dari penyulingan minyak mentah untuk bahan bakar motor bensin. Bensin dan udara dibakar di ruang bakar untuk menghasilakn panas dan tekanan, yang dikonversikan menjadi gerak putar mesin. Hasil dari pembakaran adalah karbon dioksida dan air jika pembakaran sempurna serta semua bahan bakar dan udara digunakan pada proses pembakaran. ·          Bensin adalah kombinasi dari molekul hidrokarbon yang memiliki 5 sampai 12 atom karbon. Nama dari beberapa hidrokarbon ter